Pembukaan MTQH XI Prov. Kep. Babel Tahun 2022 Berlangsung Meriah, Bupati Riza : Ikuti Dengan Semangat, Kejujuran dan Sportivitas Guna Mencapai Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Toboali - Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Junjung Besaoh, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan selaku tuan rumah menggelar acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an dan Hadits (MTQH) ke-XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022, Selasa (15/11/22).

Dengan digelarnya acara pembukaan ini maka secara resmi pelaksanaan MTQH ke-XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 di Kabupaten Bangka Selatan dimulai hari ini 15 November 2022 sampai dengan 19 November 2022 nanti.

Pada MTQH ke-XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 di Kabupaten Bangka Selatan ini akan diikuti sebanyak 324 Kafilah dari 6 (Enam) Kabupaten dan 1 (Satu) Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun cabang yang akan diperlombakan dan Venue yang akan digunakan pada pelaksanaan MTQH ke-XI ini meliputi ; Arena Utama yaitu  GOR Junjung Besaoh, venue cabang Tilawah dan Qira'at Sab'ah yang juga sebagai venue pembukaan dan penutupan, PLHUT Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan, venue cabang Hifzil Qur'an dan Tartil.

Kemudian, Gedung Sebaguna Junjung Besaoh, venue cabang Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an dan Hadits, Balai Daerah Bangka Selatan, venue cabang Khatil Qur'an (Kaligrafi), Gedung Diklat BKPSDMD Bangka Selatan, venue cabang KTIQ dan Ruang Rapat Gunung Namak, venue cabang Tafsir.

Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan kesempatan kepada Kabupaten Bangka Selatan untuk menjadi tuan rumah pada MTQH ke-XI ini.

"Pada momen yang mulia ini, izinkanlah kami untuk menyampaikan rasa terimakasih yang tak terhingga sebagai tuan rumah atau Shohibul Hajat, kepada Bapak Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang telah memberikan kesempatan Kabupaten Bangka Selatan untuk menyelenggarakan Kegiatan MTQH XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022. dan ungkapan terimakasih juga kepada seluruh pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu, dalam berpartisipasi demi suksesnya penyelenggaraan MTQH ini," ujarnya.

Lalu, Bupati Riza Herdavid mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah dan undangan MTQH ke-XI di Kabupaten Bangka Selatan.

"Pada kesempatan ini juga, atas nama pribadi dan pemerintah serta masyarakat Bangka Selatan mengucapkan selamat datang di Negeri Junjung Besaoh ini, kepada seluruh tamu dan undangan dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, baik kafilah, official dan pelatih serta para dewan hakim, khusunya rasa hormat kami kepada dewan hakim nasional, yang telah meluangkan waktunya untuk mensukseskan MTQH XI di negeri yang kami cintai ini," ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati Riza Herdavid menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah serta masyarakat Bangka Selatan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika dalam pelaksanaannya nanti banyaklah kekurangan dari pada kelebihannya, karena inilah kemampuan Pemerintah Daerah yang dapat diberikan semoga kedepannya lebih baik lagi.

"Harapan dari kami, mari kita semua mengikuti dan melaksanakan kegiatan MTQH XI ini dengan penuh semangat, penuh kejujuran dan tentunya sportivitas yang kita kedepankan, guna mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat," ujarnya.

Hadir dan membuka acara secara langsung Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr. Ir. Ridwan Djamaludin, M.Sc diwakili Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Sunardi, M. AP yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQH ini merupakan wujud keinginan bersama untuk membumikan ajaran Al-Quran dan Hadist.

"Penyelenggaraan MTQH ke-XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan wujud keinginan kuat kita bersama untuk membumikan ajaran Al-Quran dan Hadist serta menyebarkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat, berbangaa dan bernegara," imbuhnya.

Sunardi menambahkan, dalam MTQH ini juga akan tampil peserta-peserta terbaik dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang siap berkompetisi secara sehat.

"Dalam pelaksanaan MTQH ke-XI ini akan tampil qori, qoriah, hafidz, hafidzah, munfasir dan munfasiroh terbaik dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mana adalah generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, kompetitif dan berkarakter islami," ungkapnya.

Diakhir sambutannya Sunardi berharap makna dan tujuan MTQH ini dapat dipegang teguh, sehingga Al-Quran dapat benar-benar diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya berharap makna dan tujuan MTQH ini dapat kita pegang teguh sehingga Al-Quran benar-benar kita resapi, benar-benar kita hayati, benar-benar kita amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari, karena ketika kita menggaungkan Al-Quran maka sebenarnya kita sudah memadukan berbagai nilai-nilai positif kehidupan," tutupnya sembari membuka acara MTQH ke-XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Dalam rangkaian acara pembukaan ini juga dilakukan Pelantikan Dewan Hakim dan penyerahan bonus kepadaa Kafilah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berprestasi dan telah mengharumkan nama Provinsi pada MTQH tingkat Nasional Tahun 2022. (*gas/*ero)

 

 

*Tim Redaksi Diskominfo

Penulis : Geger Agung Satria

Editor : Edo Lebiro

#Pembukaan #MTQH #MTQHke-XI #ProvBabel #kabupatenbangkaselatan #bangkaselatan #diskominfobasel #baselhemenit #asakkawakitepacak #negeriberibupesona #baselmempesona #bangkabelitung #babel #kominfo