Masyarakat Padati GOR Junjung Besaoh Tandai Meriah dan Susksesnya Penutupan MTQH XI Prov. Kep. Babel Tahun 2022

Toboali - Musabaqoh Tilawatil Qur'an dan Hadits (MTQH) ke-XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 di Kabupaten Bangka Selatan yang digelar 15 November 2022 sampai dengan 19 November 2022 terlaksana dengan sukses dan ditutup hari ini, Sabtu (19/11/22).

Acara Penutupan MTQH ke-XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 yang digelar di GOR Junjung Besaoh berlangsung begitu meriah dan terpantau ramai, masyarakat memadati GOR mulai dari yang ingin melihat rangkaian kegiatan penutupan, baik juga yang ingin mengunjungi sekaligus berbelanja di bazar UMKM MTQH ini.

Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP dalam sambutannya mengatakan bahwa Al-Quran adalah pusat energi yang tidak hanya menggerakkan, tetapi juga merawat Islam dan pemeluknya, penjagaan dan kemurnian isi dan kandungan Al-Quran melalui lantunan, hafalan ayat-ayat Al-Quran dan Hadits Nabi, yang Allah SWT titipkan kepada anak cucu kita.

"Alhamdulillah syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT pada hari ini kita telah menyelesaikan rangkaian kegiatan MTQH dengan tertib aman dan lancar tanpa halangan suatu apapun, sehingga para qori-qoriah, hafidz-hafidzah dan seluruh peserta telah memberikan upaya terbaiknya dan begitu juga para dewan hakim telah memberikan penilaian se-obyektif mungkin sehingga menghasilkan putera-puteri terbaik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan mewakili di tingkat nasional," imbuhnya.

Tak lupa Bupati Riza Herdavid menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi demi suksesnya penyelenggaraan MTQH ini.

"Kami menyadari sepenuhnya dalam pelaksanaan MTQH ke-XI tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 di Kabupaten Bangka Selatan ini masih ada kekurangan, untuk itu kami atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan serta masyarakat Bangka Selatan mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena inilah kemampuan yang dapat kami berikan, namun harapan kami kedepannya lebih baik lagi," ungkapnya.

Hadir dan menutup acara MTQH ke-XI ini secara langsung Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc. Dalam sambutannya mengatakan MTQH merupakan agenda seni membaca dan mempelajari Al-Quran yang sudah sejak lama diadakan, seiring perkembangan zaman dan  generasi yang semakin millenial saat ini tidak hanya Al-Quran yang wajib dielajari dan dilantunkan dengan indah, namun Hadits Nabi pun harus dibumikan agar dapat zuriad berakhlakul korimah perperilaku sholeh sholehah yang mencintai Al-Quran serta mengamalkan sunah-sunah Rosulullah.

"Kita ketahui bersama bahwa Al-Quran adalah petunjuk umat manusia, pembeda antara yang hak dan yang batil. Demikian juga Hadits Nabi sebagai tuntunan umat manusia dalam bertindak dan bertingkah laku maka dalam segala aspek dan seni kehidupan mari kita hiasi moral dan keperibadian kita dengan Al-Quran dan Hadits," ujarnya.

Pj. Gubernur Ridwan Djamaluddin memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh  kafilah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung baik peserta, official atau pendamping yang telah mengikuti MTQH ke-XI di Kabupaten Bangka Selatan ini.

"Penyelenggaraan kegiatan Syiar Islam dan Hadits ini memang salah satunya mencari yang terbaik sebagai perwakilan Bangka Belitung ditingkat nasional nantinya namun hakikat yang sesungguhnya bukanlah sebuah kemenangan semata yang kita harapkan, melainkan adanya rasa ukuwah yang semakin erat diantara kita semua dan keinginan yang kuat untuk membumikan Al-Quran dan Hadits di Bangka Belitung Bumi Serumpun Sebalai yang kita cintai ini" ungkapnya.

Ridwan Djamaludin menambahkwan bahwa sudah menjadi harapan bersama MTQH ini menjadi tidak hanya membekas sebagai momentum keagamaan saja melainkan sebagai wujud tanggung jawab moral kita bersama untuk mengibarkan panji-panji tauhid melalui keagungan Al-Quran dan Hadits.

"Kalah ataupun memang didalam sebuah kompetisi adalah hal yang biasa tapi yang luar biasa adalah kekuatan silaturahim dan sikap mental kita semua untuk selalu menjaga hati," ujarnya.

Menutup sambutannya, Pj. Gubernur Ridwan Djamaludin mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan acara ini adalah kita semua mengamalkan Al-quran untuk hidup yang lebih baik.

"Al-quran dan Hadits yang diperlombakan bukanlah ajang untuk  saling membangga-banggakan diri ataupun saling mencari celah dari kompetitor yang lain, namun MTQH ini diselenggarakan sebagai momen penting untuk meraih ridho Allah SWT dan muara akhir dari tujuan penyelenggaran MTQH ini agar kita semua membaca, memahami dan mengamalkan Al-Quran untuk hidup yang lebih baik menuju Bangka Belitung yang berkah," pungkasnya sembari menutup acara ini secara resmi.

Dari seluruh cabang yang diperlombakan Kafilah tuan rumah Kabupaten Bangka Selatan berhasil mendapatkan Juara Umum III (Tiga) dan adapun daftar juara umum MTQH ke-XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 di Kabupaten Bangka Selatan ini yakni :

Juara Umum I (Satu) dengan jumlah nilai 98 diraih Kabupaten Bangka Tengah 

Juara Umum II (Dua) dengan jumlah nilai 93 diraih Kabupaten Bangka 

Juara Umum III (Tiga) dengan jumlah nilai 78 diraih Kabupaten Bangka Selatan

Juara Umum IV (Empat) dengan jumlah nilai 72 diraih Kota Pangkalpinang

Juara Umum V (Lima) dengan jumlah nilai 28 diraih Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Belitung

Juara Umum VI (Enam) dengan jumlah nilai 8 diraih Kabupaten Belitung Timur. (*gas/*ero)

 

 

 

*Tim Redaksi Diskominfo

Penulis : Geger Agung Satria

Editor : Edo Lebiro

#Penutupan #MTQH #MTQHkeXI #ProvBabel #kabupatenbangkaselatan #bangkaselatan #diskominfobasel #baselhemenit #asakkawakitepacak #negeriberibupesona #baselmempesona #bangkabelitung #babel #kominfo